:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Senin, 28 Juni 2010

Tahun Pelajaran Baru TPA

Setelah melalui pembelajaran dan ujian semester, Sabtu, 26 Juni 2010 dilaksanakan pembagian rapor TPA kepada santriwan/santriwati. ”Hari ini merupakan akhir pembelajaran semester 2, Tahun ke-6 sejak berdirinya TPA, Tahun Pelajaran 2009-2010”, kata Mas Aan, Direktur TPA Al Hikmah Toyan. Selanjutnya santriwan/santriwati diberikan kesempatan libur, dan masuk kembali pada 13 Juli 2010.


”Setelah selesainya semester ini, bersamaan dengan liburan santri, pengelola dan pengurus TPA akan berbenah dan mempersiapkan diri menghadapi pembelajaran tahun depan. ”Diantaranya meja yang perlu dicat kembali dan beberapa ada yang perlu diperbaiki”, lanjut Mas Aan. Yang lain? Persiapan Kurikulum baru, absensi baru, buku-buku baru, merapikan administrasi akhir tahun dan tidak lupa penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan belajar selama 1 tahun ini, jelasnya. *[adm]

Selengkapnya → Tahun Pelajaran Baru TPA

Masjid Berbenah 2010

Mulai Hari Sabtu, 19 Juni 2010, sebagai salah satu keputusan rapat Takmir beberapa waktu lalu, dilaksanakan pengecatan masjid. ”Terakhir kali masjid ini dicat pada Tahun 2006, dan mestinya idealnya pengecatan dilakukan 2 Tahun sekali”, kata Mas Aan, penanggung jawab kegiatan tersebut.
Banyak kendala yang dihadapi, diantaranya beberapa bagian ada yang bocor. ”Jadi, kegiatan tidak hanya fokus mengecat saja, namun juga memperbaiki beberapa bagian yang bocor atau bahkan ada yang rusak dan perlu diganti”, kata Mas Iman koordinator pelaksana pengecatan. Selain pengecatan, di ruang utama masjid juga telah dipasang 1 buah kipas angin, serta beberapa titik dilingkungan sekitar masjid dipasang beberapa lampu, agar lebih terang dan memudahkan jamaah yang akan berangkat sholat jamaah dimasjid. Diharapkan beberapa hari kedepan masjid sudah nampak bersih dan rapi. *[adm]

Selengkapnya → Masjid Berbenah 2010

Takmir Siap Ramadhan 1431 H

Jauh hari sebelum Ramadhan 1431 yang sedianya akan dimulai pada awal Agustus 2010, Sabtu, 12 Juni 2010 bertempat di Serambi Masjid Al Hikmah dilaksanakan pertemuan Takmir. ”Adapun agenda pertemuan malam ini diantaranya, laporan kegiatan dari Unit Kegiatan Masjid (UKM) yang ada di bawah naungan Takmir Masjid dan persiapan Ramadhan”, jelas Anang Junanta Sekretaris Takmir.

Diawali oleh Jumari, S.Pd Bendahara Takmir yang melaporkan keuangan masjid sampai dengan 12 Juni 2010 sebesar Rp. 6.812.000,-. Laporan dilanjutkan oleh Mas Aan selaku Ketua Bidang Pendidikan Takmir Masjid sekaligus Direktur TPA yang menyampaikan keadaan TPA dan Rismas. ” Perlu adanya tambahan pengetahuan dan peningkatan kompetensi terhadap ustadz/ah yang telah ada agar lebih optimal dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajarnya”, kata Slamet Riyadi, Ketua Takmir. Pengajian semaan malam jumat dilaporankan oleh Harum Wijaya, SE.
Dalam pertemuan tersebut juga diamanatkan, dalam waktu dekat, agar segera berbenah mempersiapkan fisik masjid untuk menyambut Ramadhan 1431 Hijriyah. Dan diharapkan, Remaja Islam Masjid, agar segera melaksanakan rapat teknis guna menghadapi Ramadhan sebagaimana dimaksud. *[adm]

Selengkapnya → Takmir Siap Ramadhan 1431 H

Sabtu, 12 Juni 2010

Bakti Sosial Remaja Masjid Al Hikmah Toyan

Setelah sekian lama pakaian pantas pakai yang beberapa waktu yang lalu dikumpulkan Remaja Islam Masjid belum disalurkan karena faktor waktu, Jumat, 11 Juni 2010 Bakda Sholat Jumat dengan mengambil tempat di Serambi Masjid Al Hikmah Toyan, akhirnya pantas pakai tersebut diserahkan.

Berbeda dengan rencana awal, dimana sedianya pakaian tersebut akan diserahkan langsung ke lokasi yaitu di Kokap, pada acara tersebut pakaian diterimakan kepada Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kecamatan Wates, Kulon Progo yang kemudian akan disalurkan kepada Panti Asuhan di Wilayah Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Tampak hadir pada acara tersebut Mas Harum Wijaya, SE mewakili Takmir Masjid. Juga nampak beberapa Rismas dan perwakilan dari IMM. Jambulono Ketua IMM Kecamatan Wates yang ditemui Admin Web mengatakan, ”Kami dari IMM menghaturkan terima kasih yang mendalam kepada Rismas AHITO yang telah berkenan memberikan kami kepercayaan untuk menyalurkan pakaian pantas pakai tersebut”. Secara terpisah Dinta Ketua Rismas 2010-2011 berharap, semoga pakaian yang telah dikumpulkan dan diserahkan melalui IMM Kecamatan Wates bisa disalurkan kepada yang berhak. Amiin. *[adm]

Selengkapnya → Bakti Sosial Remaja Masjid Al Hikmah Toyan

Jumat, 11 Juni 2010

Jadwal Piala Dunia 2010

Bagi penggemar bola, Tahun 2010 nampaknya menjadi tahun yang menggembirakan, pasalnya mulai 11 Juni 2010 gelaran Piala Dunia yang dilaksanakan di Afrika Selatan memasuki pertandingan perdananya. Tak terkecuali Hanum, Wakil Ketua Remaja Islam Masjid Al Hikmah Toyan 2010-2011 misalnya sangat menantikan gelaran akbar sepakbola dunia 4 tahunan tersebut.
”Bagi yang belum punya jadwal Piala Dunia 2010 dapat dilihat download disini atau klik www.goal.com”, kata Hanum. *[adm]

Selengkapnya → Jadwal Piala Dunia 2010

22 Sifat Bangsa Israel

Jika melihat karakter Bangsa Israel, sebenarnya tidak perlu heran. Sebab, Allah SWT melalui wahyunya dalam Alquran sudah menggambarkan sifat buruk orang-orang Yahudi yang zalim, membuat kerusakan di muka bumi, dan senang mengobarkan api peperangan dengan bangsa lainnya, terutama kaum Muslimin.

Dalam Alquran sedikitnya disebutkan 22 sifat buruk bangsa Yahudi, yakni:
01. Keras hati dan dzalim (Al-Baqarah:75,91,93,120,145,170)
02. Fasik dan tidak beriman kepada Allah SWT (Ali Imran:110)
03. Musuh yang paling bahaya bagi orang-orang Islam (Al-Maidah:82)
04. Mengetahui kekuatan dan kelemahan orang Islam (Al-An’am:20)
05. Memutarbalikkan kebenaran (Al-Baqarah:75,91,101,140,145,211)
06. Menyembunyikan bukti kebenaran (Al-Baqarah:76,101,120,146)
07. Menerima kebenaran nafsu mereka (Al-Baqarah:87)
08. Ingkar dan tidak dapat menerima kebenaran (Al-Baqarah:91,99)
09. Membisukan diri dalam perkara yang benar (Al-Baqarah:171)
10. Mencampuradukkan yang hak dan yang batil (Ali Imran:71)
11. Berpura-pura mendukung orang Islam (Ali Imran:72,119)
12. Tertutup akan Islam (Al-Baqarah:88,120,145,146)
13. Menyakini selain daripada Yahudi adalah salah Al-Maidah:18)
14. Tidak akan ada kebaikan untuk manusia (An-Nisa:53)
15. Tidak suka, dengki, iri hati (Al-Baqarah:90,105,109,120)
16. Mencintai dunia, tamak dan rakus (Al-Baqarah:96,212)
17. Bohong, ingkar janji dan melampaui batas (Ali Imran:183,184)
18. Berlindung di balik mulut yang manis (Al-Baqarah:246)
19. Suka kepada perkara-perkara dusta (Ali Imran:24,94,183,184)
20. Sombong dan memandang rendah (Al-Baqarah:206,212,247)
21. Tidak amanah (Ali Imran:75,76; At-Taubah:34)
22. Selalu melakukan kerusakan (Ali Imran:64)


Sumber : Okezone.com *[adm]

Selengkapnya → 22 Sifat Bangsa Israel

Rabu, 02 Juni 2010

Save Palestine

Republika.co.id, Jakarta -- Beberapa helikopter milik Israel menyerang rombongan relawan pembawa bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina di Gaza. Relawan MER-C yang ikut dalam armada kapal bantuan itu pun ikut merasakan kebiadaban pasukan zionis.

Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Commitee (MER-C), Sarbini Abdul Murad, menyampaikan kabar kebrutalan Israel itu melalui pesan singkatnya kepada Republika, Senin (31/5). Sampai saat ini, dia belum mengetahui nasib para relawan MER-C yang ikut dalam rombongan tersebut. ''Kita masih belum tahu nasib mereka (relawan), karena sampai saat ini tidak bisa dihubungi,'' ungkapnya.

Sebelumnya, tim MER-C bersama relawan dari seluruh dunia berangkat bersama dari Pelabuhan Antaly, Turki. Tim MER-C berangkat bersama dengan menggunakan kapal 'Mavi Marmara' milik LSM dari Turki, IHH. Rombongan tersebut berjumlah sembilan kapal laut dengan kapasitas hampir 800 orang dan 10 ribu ton bantuan kemanusiaan.

Sekedar copy paste dari republika.co.id. Sebagai rasa solidaritas terhadap rakyat Palestine, selipkan sedikit doa bagi mereka disela doa saudaraku semua ba’da sholat. *[adm]

Selengkapnya → Save Palestine

Resuflfe Remaja Islam - Bagian Dari Kaderisasi

Seperti tahun-tahun sebelumnya, mendekati Bulan Ramadhan Mulia 1431 Hijriyah, agenda rutin Remaja Islam Masjid (Rismas) Al Hikmah Toyan adalah Laporan Pertanggungjawaban Rismas 2009-2010 sekaligus Pemilihan Pengurus Rismas baru. Yang agak berbeda, kegiatan ini dilakukan jauh hari sebelum Ramadhan. “Harapannya adalah persiapan menghadapi Ramadhan tahun ini supaya lebih longgar””, kata Rosmita Sekretaris Rismas 2009-2010 ditemui pada Malam Jumat, 27 Mei 2010 bertempat di Serambi Masjid Al Hikmah Toyan.

Turut hadir dalam acara tersebut Mas Aan (Direktur TPA Al Hikmah), Mas Iman (Koordinator Sanggar Seni Abata), yang juga memberikan motifasi dan arahan terkait kegiatan malam itu.

Laporan yang disampaikan diantaranya pada bidang kepemimpinan (untuk ketua dan wakil ketua) administrasi (sekretaris), keuangan (bendahara). Juga disampaikan kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya kegiatan ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, kegiatan mingguan (tadarus, pengajian rutin, kerja bakti), kegiatan tahunan (pembuatan kalender), Pengajian Hari Besar Islam.

Susunan Rismas baru Periode 2010-2011 adalah sebagai berikut :
1. Ketua I : M. Dinta A’raaf Nirfa S
2. Ketua II : Hanum Wahyu W
3. Sekretaris I : Rosmita Diah Permata Sari
4. Sekretaris II : Reza Wahyu Firmansyah
5. Bendahara I : Ina Resti Fauzi
6. Bendahara II : Andi Y
7. Bidang Dakwah : M. Dawam M, M. Yoga M, Kholis Alfiah, Wahyudi MH
8. Bidang Humas : Lisetiyo N, Muchlis Edi, Delta BP, Ferdy MEP, Ridho SA
9. Bidang Perlengkapan & Umum : Fajariyanto Ramadhan, Suyatin, Tabah AP
10. Bidang Keputrian : Santia BU, Rezky Putri LP, Rista, Indah P
11. Bidang Olahraga Seni Bidaya : Guntur TC, Tomy Sularto, Adetama, Ramadhan F

Yang menarik pada pergantian rismas tahun ini, tidak semua pengurus inti diganti, hanya beberapa yang digeser”, kata Mas Aan. Selebihnya diisi muka-muka baru jebolan TPA Al Hikmah yang sudah menginjak dewasa. “Rismas baru diharapkan bisa belajar dari mas-mas yang sudah lama dan lebih dewasa, itu bagian dari kaderisasi”, lanjut Mas Iman. Semoga sukses. *[adm]

Selengkapnya → Resuflfe Remaja Islam - Bagian Dari Kaderisasi